Tips mencairkan tinta yang membeku

Monday, February 11, 2008

Hallo teman- teman...Berjumpa lagi dengan saya. Si Panjoel sang petualang...Hahahaha...

Ga rugi juga neh dapat tugas buat "nge-print" dari kerja kelompok. Ceritanya gini, di kampus dapat tugas kelompok dari dosen. Nah, setelah tugas selesai di ketik bareng- bareng, kelompok saya terbentur masalah soal siapa yang mau "nge-print" tuh tugas. Entah mimpi apa saya semalam, sehingga pilihan jatuh tepat tanpa melenceng sedikitpun kepada diri saya. Pilihan apa lagi kalo bukan soal "nge-print". Sebagai mahasiswa teladan (halah...teladan apaan ??) akhirnya saya dengan senang hati menerima tugas yang sangat berat tersebut, itupun setelah terkumpul duit dari masing- masing anggota sebesar lebih kurang 5 juta-an (buseet....?? nge-print doank de...??). Masalahpun muncul....Peristiwanya terjadi pas saya akan "nge-print" tugas. Entah kenapa tiba- tiba printer saya (HP Deskjet 3920 -red) yang baru 2 hari yang lalu di isi tintanya tiba- tiba ga mau ngeluarin tuh tinta di atas kertas. Padahal sebelumnya lancar- lancar aja.

Kayak gini neh hasilnya (sudah dicoba berulang kali tetap sama...)





Hhhmm...muncullah imajinasi- imajinasi aneh di otak ini. Mulai dari tintanya yang ga bagus, sampai hal terburuk, yaitu cartridgenya yang rusak. Akhirnya setelah berdiskusi dengan my bro, kamipun memutuskan untuk melakukan sesuatu. Apa itu ?? Yup, rendam cartridge di air panas :D. Mari kita mulai...

Pertama, panaskan air (jangan terlalu panas, panasnya yang sedang- sedang saja..klo saya menyebutnya "panas- panas kuku" ).

Kedua, buka cartridge printer (saya mencoba hal ini di Printer HP Deskjet 3920)

Ketiga, masukkan cartridge ke dalam air panas. Ingat, jangan sampai air panas tersebut mengenai bagian yang penting dari cartridge karena akan menyebabkan kerusakan pada cartridge (bagian tersebut dapat di lihat pada gambar di bawah).




Goyang- goyangkan cartridge di dalam air panas secukupnya, lebih kurang 2- 3 menit (jangan terlalu lama karena akan menguras habis tinta di dalam cartridge)



Setelah selesai, bersihkan cartridge terlebih dahulu dengan tissue atau kain lap yang lembut.

Setelah itu, coba pasang lagi cartridge di printer. Coba lakukan pengetesan print....Taarraaaa...!!!!!




"Ajaib bin ajaib"...Printer saya kembali bekerja dengan baik seperti sedia kala. Dan coba lihat hasil cetakannya dengan sebelumnya. Sungguh jauh berbeda...



Lalu apa yang menyebabkan hal ini bisa terjadi ?? Suatu pertannyaan yang bagus. Menurut pengalaman beliau (my bro-red), pertama tintanya kurang bagus (betul juga, mana ada tinta palsu yang bagus..), kedua tintanya membeku (masuk akal, soalnya rentang waktu cartridgenya di biarin kosong terlalu lama). Pernah baca juga katanya "...sisakan sedikit tinta di dalam cartridge, jangan sampai cartridge kering dari tinta..." .

Diiringi lagu "Jika engkau bersedih" dari Group Band Favourit saya ( Padi ).

"... Mengertikah engkau bahwasanya
gagal itu bukanlah kekalahan
selama engkau memahami apa yang menguji hatimu..."
.


Dan akhirnya selesai juga tugas saya, tinggal di jilid trus presentasi di depan kelas.





NB : Kerusakan yang terjadi di luar tanggung jawab saya. Saya disini cuma hanya mencoba untuk berbagi ilmu. Maka lakukanlah dengan teliti dan benar.



Related Posts by Categories



2 comments:

Q^KY February 17, 2008 at 9:52 AM  

nice info..

printer aq juga HP 3920

cuma masalahnya..klo cartridge warna dipasang..

lampunya kedip2 n ga bisa ngeprint...

Hidayatullah September 28, 2008 at 8:03 AM  

printer HP oh HP :(

aku punya masalah dengan cartridge warna. tinta Tri-Colornya tidak mua keluar. aku juga punya masalah dengan lampu yang kedap-kedip, padahal tidak nge-print apapun. begitu mau nge-print, lampunya kedap-kedip tapi kertasnya nggak mau masuk, printernya juga nggak gerak.

dan apa? setelah mencoba menutup lubang pin (paling atas sebelah kanan dan paling atas kolom ke-2 dari kiri) dan mencoba mencelupkan sebagian ujung cartridge ke air rebusan (panas), ye ye ye..... tinta menjadi lebih tajam, trus lampu tidak lagi berkedap-kedip kayak kurang kerjaan. trik ini lumayan membantu.....

mungkin ini untuk yang terakhir kali. apabila setelah ini rusak lagi, maka beli PRINTER LAser. wehehehe

NB: terima kasih juga telah memberitahu bagian penting yang tidak boleh kena air (bagian pin-pin). tapi kayaknya kena dikit gpp +_+

Recent Post

My Blog Follower(s)

  © Blogger template Columnus by Ourblogtemplates.comModified By Panjoel 2008

Back to TOP