Nge-Blog, kemauan atau keharusan?

Saturday, November 08, 2008

Zaman sekarang kata- kata "nge-blog" sering kita dengar. Yup, "nge-blog" adalah suatu aktifitas yang dilakukan seorang blogger. Aktifitas apa ? Aktifitas disini berupa tulisan (artikel) yang berisi tentang ide, pengalaman, ilmu, curahan hati, puisi, iklan, dan hal- hal lain yang ingin mereka [blogger] tulis.

Dapat di tarik kesimpulan [menurut saya] bahwa, "nge-blog" itu datangnya dari diri sendiri. Bukan suatu keharusan atau paksaan dari pihak lain.

Lalu, dengan semakin trend-nya budaya "nge-blog", hal ini banyak di manfaatkan oleh para pengajar [biasanya sih dosen, masih jarang ketemu guru SMA/SMP/SD/TK] yang menggunakan blog sebagai media pengajaran.

Itupun yang sedang dimanfaatkan oleh dosen saya. Sebenarnya, "nge-blog" bukanlah hal baru di lingkungan kampus karena kebetulan kampus saya merupakan kampus berbasis teknologi. Setelah sebelumnya ada program Virtual Class, e-learning, de-el-el

Jadi yang masalah bagi saya adalah, dosen meminta para mahasiswa/i untuk membuat artikel tugas mata kuliah beliau di sebuah blog. Dengan begitu menurut saya nge-blog bukanlah suatu kemauan lagi, tapi karena keharusan. Yup, suatu keharusan karena yang di posting adalah sebuah tugas. Dan tugas adalah nilai, dan nilai adalah hal utama yang mempengaruhi Indeks Prestasi [IP]. Dan itu artinya, mau ga mau kita sebagai mahasiswa harus nurutin. Ha ha ha. . .:))
Ah...budaya nge-blog saya tercoreng./:)

Tapi gpp-lah...dengan begini makin banyak orang yang mau menulis, jumlah blogger makin bertambah. Untung- untung nantinya teman- teman tetap melanjutin nge-blog walaupun ga ada mata kuliah lagi sama dosen yang bersangkutan.

[Oh iya, si dosen minta pake domain yang berbayar lagi. Btw, ada ga teman-teman blogger yang jual domain murah? Kalo ada saya mau donk... Harga mahasiswa. Hi hi hi . . .;)) ]


Related Posts by Categories



13 comments:

Anonymous November 10, 2008 at 6:23 AM  

Menurut gw sih baik kok de, even it's just "obligation". Jgn liat dari pemaksaannya. Tp coba deh liat dr "sebab n akibat". Apa sih yg membuat pihak kampus memberlakukan sistem seperti itu? Lalu manfaat buat pihak kampus sendiri apa? Klo untuk mhs selain sbg salah satu kewajiban kul. Selain itu apa yg gw tangkep selama ini, yaitu:
1. Membiasakan sejak dini kpd mhs untuk menulis. Why? Krn menulis adalah bentuk komunikasi tulisan. That's related with softskills development for human being. It's really important needed in real work.
2. Nah yg kedua ini sangat related sm artikel gw ttg
UG WEBOMETRICS

Panjoel November 10, 2008 at 1:50 PM  

@hanum
seep...gw juga setuju.
Tapi kebanyakan kita klo dipaksa untuk melakukan sesuatu hasilnya malah ga maksimal..hehe..

Semoga aja, dengan begini budaya menulis dapat di tingkatkan yah..amin

Anonymous November 10, 2008 at 6:31 PM  

Ah.. kata siapa ga maksimal. Klo yg maksa orang 'bener' alias dosen, dijamin mantab hasilnya. Gw salah satu korban pemaksaan nih gini2, hehe.. buktinya gw ada di UG News, hahaha NARCIS :D

Panjoel November 10, 2008 at 8:29 PM  

@hanum
gw juga korban pemaksaan ni..haha
buktinya gw di paksa ikut lomba blogging, eh alhamdulillah menang..hahaha...[ikut2an narsis, curang lw..masa foto gw di UG news malah jadi foto lw. Seharusnya kan gw tuh yang lagi di foto..haha..canda denk..]

Ya,tapi itu sih tergantung kitanya yah. Ada juga orang yang di paksa, tapi hasilnya kurang memuaskan. Iya kan?? Ya aja deh...hihihi

Anonymous November 10, 2008 at 9:56 PM  

Hahaha.. sapa suruh ga dateng pas pengumumannya. Drpd ga ada yg serah terima hadiah, mending gw yg wakilin. Betul toh :D Lumayan masuk UG News lg. Ah..pdhal pas UG Gamezone gw juara 1 quick blogging. Hiks.. blm beruntung. Yah lumayan dpt fotonya aja walaupun ga dpt uang :D .

Anyway, sebenernya emang tergantung sama individunya masing2. Betul jg sih lo. Ga ada salahnya kita menularkan hobi kita ke teman2. Tentunya bkn jalan memaksa. Toh dr situ mungkin melahirkan blogger2 UG. Who knows.

Rahmat Febrianto November 12, 2008 at 12:46 PM  

oalaah, dosennya banyak maunya nih :)

Kristina Dian Safitry November 12, 2008 at 7:48 PM  

ngeblog?menurutku antara kemauan dan keharusan. tanpa kemauan gak bakal ngeblog. keharusan?penting,karena ngeblog juga merupakan media interaksi.meski via maya.

DavidMIqbal November 13, 2008 at 7:20 PM  

banyak bana gaya dosen panjoel mah...o yo njoel dima panjoel kuliah....

Panjoel November 14, 2008 at 9:27 PM  

@rahmat (uda)
iya nih da...ngomong2 uda mo bantuin cari webhosting murah?? ihihih..

@kristina
setuju...setuju..
keduanya harus berjalan sama, biar mendapatkan hasil yang maksimal.

@david
hohoho...iya nih vid.
awak kuliah di gunadarma vid, di depok

Anonymous November 20, 2008 at 3:02 PM  

berarti ngeblog udah jadi budaya

Anonymous November 21, 2008 at 12:50 AM  

Aslm jul....
waduh awalnya sih agak pusing joel.. mana bu "misa" minta yang hosting berbayar lagi nih... yang gratis aja ga Aq urusin... jadinya awalnya dari keterpaksaaan ternyata.. setelah menimbang, mengingat, melihat disana dan disini ngeblog itu asyik.. gonna be amazing.. mungkin ini akan menambah CV kita di dunia si MAYA ya jul..walaupun newbie doakan saja lah jul...aQ juga jadi tertarik blog sejak berteman dengan panjoel ni...

salut deh buat panjoel... terus berkreasi joel...jangan takut.. banyak orang yang slalu teriakin "Panjoel Blogger Sejati"

wassalam

Panjoel November 21, 2008 at 5:41 PM  

@alex
iya uda alex..
nge-blog sudah menjadi budaya bagi panjoel..hehe..
Gmn uda alex? tertarik untuk menjadikan nge-blog sebagai budaya??


@anonim
waass barli..
hoho..keep blogging bar.
hihi..blom pantaslah panjoel di bilang blogger sejati:D

Anonymous November 24, 2008 at 10:07 AM  

Hahaah....Kelas gue juga disuruh & Kayak'a semua mahasiswa jg harus punya blog..!!!
@hanum & @panjoel : Pada narsis lo ye..!! Gak tau Gue termasuk juara Blog Mahasiswa Gunadarma 2008.

Hahahahaha..............

Tau gak Kelas gue lagi sibuk Ngeblog..

HAhahahahaa...

Recent Post

My Blog Follower(s)

  © Blogger template Columnus by Ourblogtemplates.comModified By Panjoel 2008

Back to TOP