Selamat Puasa

Saturday, August 30, 2008

Teman- teman Blogger. . . Selamat menunaikan ibadah puasa ya bagi yang menjalankannya. Semoga amal ibadah kita di terima oleh Allah S.W.T. Mohon maap lahir bathin, kalo ada kata- kata ataupun perbuatan panjoel yang salah selama ini.

Ngomong- ngomong si panjoel mo ngilang dulu dari dunia per-blogger-an dan dunia maya. Mau pulang kampuang dulu. Mama tercinta lagi sakit. Hiks. . .hiks. . .hiks. . .:-S

Senang bercampur sedih perasaan panjoel saat ini. Senang bakal menjalankan ibadah puasa pertama di kampuang halaman setelah sekian lama di perantauan (insyaallah):( . Sedih karena mama tercinta lagi sakit.

Ya Allah. . .
. . .berilah kesembuhan buat mama-ku.
. . .berilah umur yang panjang.
. . .Hanya kepada engkau aku memohon.
. . .Engkau-lah yang berkendak atas segala sesuatunya.
. . .Aku mohon dengan sangat Ya Allah
. . .Aku mohon dengan sangat
Amin. . .Ya Allah. . .[-O<


Doa-in mama panjoel ya. . .semoga lekas sembuh:)



Icon URL

Friday, August 29, 2008

Lama ga posting neh. . . Apa kabar dunia?:D<"/>

Kali ini cuma pengen sharing- sharing dikit. Kasih tutorial buat ganti icon URL. Gampang kok caranya. Codingnya juga dikit, kaya' gini :

<link href='http://webhosting_punya_kamu.com/img/gambar_kamu.ico' rel='shortcut icon' type='image/x-icon'/>

Cukup ganti tulisan yang warna biru dengan URL tempat kita meng-upload gambarnya. Banyak kok webhosting buat upload gambar. Seperti ripway, imageshack, photobucket, de-el-el. Satu yang perlu di ingat format gambarnya [dot] ico (.ico).

Oh ya, letak-in code- code ini di bagian antara . . . . .<head>. . . .</head>

Semoga tutorial singkat ini bermanfaat

Siapakah Aku ??

Friday, August 22, 2008

Siapakah aku:-/ ??


Pertanyaan itu mungkin sering ada di benak kita ketika kita mencoba mencari jati diri. Begitupun dengan bangsa ini,bangsa yang sudah 63 tahun "merdeka". Mau jadi apa bangsa ini ke depannya, baik di bidang sosial, ekonomi, politik, teknologi, budaya, de-el-el.

Khusus di bidang teknologi (teknologi informatika, karena saya juga bermain- main di bidang ini) saya teringat dengan ucapan-nya Om R Eko Indrajit (Indonesian Cyber Law) pada waktu Seminar Hacker's Day di Jakarta COnvention Center (JCC). Waktu itu Om Eko mengatakan begini :

Kita sebagai bangsa Indonesia harus menemukan jati diri kita sebenarnya di dunia teknologi informasi. Lihat Jepang, mereka memfokuskan diri pada dunia robotic. Singapura, mereka menjadi rumah-nya jaringan kabel dunia karena letak mereka yang strategis. Atau Amerika dengan berbagai macam produk software-nya yang terkenal sampai seluruh dunia. Lalu Indonesia, apa yang bisa kita tawarkan kepada dunia?


Sebenarnya kita bangsa Indonesia mempunyai SDM yang tidak kalah bersaing dengan SDM negara lain. Banyak orang-orang kita yang bekerja di negara lain. Apalagi di dunia maya, banyak hacker- hacker yang bertebaran di penjuru bangsa ini. Masalahnya, bagaimana kita sebagai bangsa yang beradab bisa menggunakan kemampuan kita itu untuk jalan yang baik dan benar. Bagaimana kita bisa menjadikan black-hat hacker menjadi white-hat hacker. Sehingga nantinya Indonesia terkenal dengan ahli- ahli security jaringan.

Ya, mencari jati diri memang susah. Banyak yang terjerumus ke jalan yang salah, namun tidak sedikit juga yang menemukan jati diri mereka sesungguhnya. Walaupun banyak rintangan yang menghadang kita. Tergantung bagaimana kita memaknai-nya dan berusaha serta keyakinan akan kemampuan yang kita miliki.

Mumpung masih dalam susana agustus-an dan semangat 45-nya masih tinggi (gara- gara menang lomba makan kerupuk);)) , bagaimana kalau kita sebagai warga negara bersama- sama membangun bangsa ini, sehingga Indonesia tidak lagi di pandang sebelah mata oleh negara lain. Kalau bisa sih sterusnya. Jangan agustus-an aja. He he he. . .;)) Setuju donk !!?

MAJU INDONESIAKU. . .! ! !


Gambar di ambil dari sini


Dirgahayu Negeriku

Tuesday, August 19, 2008





Semoga kita bisa benar- benar merdeka . . .!!!

*Agak telat posting-nya.Hi hi hi. . .



Sumber : Anang

Ubuntu 8.04

Wednesday, August 13, 2008

Pesanan Ubuntu 8.04 saya dari negeri "Kincir Angin" Belanda akhirnya sampai juga. Meski nunggu sekitar 1 bulan, akhirnya Pak Pos dengan "delman istimewa" datang ke kosan. Sayangnya saya sedang tidak berada di kosan. Alhasil saya hanya mendapatkan secarik kertas yang di titipkan di tetangga (makasih bu').

So, saya mesti mengambil sendiri pesanan ke kantor pos. Pertama bingung juga, kenapa si Pak Pos tidak menitipkan saja pesanan-nya dengan secarik kertas-nya itu kepada tetangga saya:-/? BeTe. . . BeTe. . .BeTe. . . Udah nyampe di Kantor Pos, eh malah di oper lagi. . .
"Maaf mas, kantor pos tempat pesanan barang bukan disini".:-@
Sampai-nya di Kantor Pos "gudang" (huff. . .kantor pos udah kayak kapal pecah) pesanan malah lebih sial lagi.
"Maaf mas, orang yang ngurusin ini udah pulang. Silahkan kembali lagi besok":-@
Jaaah . . . bukannya ini masih jam kerja?? Tidak tahukah engkau saya harus menempuh waktu sekitar 1 jam untuk ini??#:-S (Hallaaah. . . .) Waktu kok di korupsi. Ga takut ditangkap KPK ?? Ntar saya adu-in lho. Hi hi hi . . . .;))

Esoknya ketemu juga sama yang ngurusinnya. Cuma bayar Rp 3000 buat Bea Cukai-nya. Langsung dapat, bisa di bawa pulang. Horraaayy. . . :D<"/>!!! Saya sempat nanyakan kenapa paket-nya ga di antar langsung ke tujuan?? Kenapa ga dititip aja?? Si petugas jelasin kalau barang kiriman dari luar negeri bisa di kategorikan sebagai barang rahasia/sangat penting. Itu artinya ga bisa di wakilkan. Dan juga karena ada pembayaran Bea Cukai-nya (walaupun cuma Rp 3000).

Sekarang tinggal nginstall di kompie, sayangnya si kompie lagi trouble:(. Porocessor-nya itu lho. . . masa' panasnya bisa sampai 80 derajat Celcius?? Parah. . . Bisa gosong tuh Processor kalau di paksain. Btw, ada yang tau solusi dari masalah ini? Apa gel processor-nya udah abis, atau heat sink-nya kotor?? (tapi udah di bersihiin kok).

Dari 10 buah yang di pesan sekarang tinggal 4. Udah di bagi- bagiin sama teman. Ada yang mau lagi ?? Gratisssss. . . . .! ! !:)

KTP Baru. . .

Saturday, August 09, 2008


Yihhaaa. . . .
Setelah nunggu sekian lama akhirnya KTP Mutasi saya dari Padang ke Jakarta selesai sudah


Tau ga berapa untuk mengurus KTP mutasi ini?? Hampir 1 tahun boo'. . .! Parah ya ??
  1. Ngurus surat pindah dulu dari daerah asal. Nah, pada tahap ini KTP kita di tarik. Jadi, kita ga akan mempunyai Kartu Tanda Penduduk buat sementara.

  2. Urus surat izin yang di dapat dari kantor lurah/camat dari daerah asal ke kantor camat daerah tujuan. Nah pada tahap ini akan sering bolak-balik dari kantor camat ke kantor lurah. Parahnya, jika jaraknya berjauhan. . . Huuuff, sangat melelahkan.

  3. Setelah selesai dengan urus-mengurus, saat-nya bersabar. Kenapa bersabar? Karena setelah urus-mengurus selesai, kita di kasih surat yang berfungsi sebagai KTP sementara. KTP sementara ini berlaku selama 6 bulan, dan selama 6 bulan juga kita harus bersabar hingga kita mendapatkan KTP asli. Kenapa harus nunggu 6 bulan? Menurut saya itu adalah salah satu cara untuk memastikan agar si pengurus KTP memang akan menetap di wilayah tersebut untuk waktu yang lama.

  4. Nah, setelah tenggang waktu KTP sementara tadi habis tiba waktunya kembali ke kantor camat setempat untuk mengembalikan KTP sementara tadi surat tadi. Selesaikah?? Belum. . .! ! Setelah itu, kita harus nunggu lagi kira- kira 2 minggu untuk membuat KTP asli tersebut.

  5. Setelah 2 minggu balik lagi deh ke kantor camat. Tukar Kembaliin surat yang di kasih. . . Tarraaaa. . .Kita dapat KTP asli dari bapak/ibu camat-nya.

  6. Selesai Sudah
Kalau di-itung-itung prosesnya sampai 1 tahun ga sih ?? Sebenarnya ga sampai 1 tahun untuk membuat-nya, hanya saya saja yang lemot mengurus-nya. Udah tahu KTP sementara-nya udah expire bukannya langsung di urus, malah nunggu 5 bulan lagi. Hi hi hi . . . abisnya sibuk kuliah euy. . . No Time For Love ( Lah kok for Love sih. . . ?? )

Sebenarnya ada cara gampang untuk mendapatkan KTP di negara kita ini. Cara klasik aja, cukup bayar 100-200rb (tergantung ketua RT/RW), kita bisa mendapatkan KTP daerah setempat. Malahan kita bisa punya KTP ganda. (bisa jadi lebih dari 2).
Tapi apakah itu baik?? Tentu saja tidak !! Apa salah-nya kita memulai untuk berbuat hal yang benar dari hal- hal yang kecil seperti ini. Tidak ada yang di rugikan, tidak ada yang di susahkan, dan tentu-nya TIDAK ADA YANG KORUPSI !!!


Project. . .

Tuesday, August 05, 2008

Akhirnya, project web saya selesai juga. Project ini merupakan salah satu syarat untuk menjadi asisten di kampus saya. Sederhana sih, tapi bagi saya yang masih cupu ini cukup kompleks. Huuff. . . . cuma dikasih waktu satu setengah hari buat mengerjakannya. Web ini merupakan web untuk inventaris modul kursus/workshop. Saya membuatnya dengan PHP dan sebagai database-nya saya gunakan MySql. Cuma terdiri dari 3 page, tapi butuh begadang 2 malam untuk mengerjakannya. Hi hi hi. . . (dasar cupu)

Ini hasil PrintScreen-nya :

1. Halaman Login



2. Halaman list kursus/workshop



3. Halaman laporan modul.


Keliatan masih cupunya ya. . . Masih banyak bug-nya. Pas presentasi depan dosen ketahuan deh ada bug-nya. Hi hi hi . . . jadi malu. Untung-nya sang dosen baik hati, suka menolong dan rajin menabung.
Masih banyak yang kurang juga, belum ada halaman admin, belum ada menu tambah user, de-el-el. Rencana sih mau nambahin, tapi lagi males, lagi pengen refreshing dulu. He he he. . . .
Huff . . . tinggal nunggu hasil pengumuman keterima apa ga-nya tanggal 8 Agustus :D . Moga- moga aja lulus ya. . . Amiiieenn. . . . Amiieen ya Allah :)

Oh ya, yang mau liat scriptnya silahkan donlod disini. Cuma buat sharing² aja. Kalau ada bug-nya tambalin ya.He he he. . . Silahkan di kembangin lagi, klo pengen buat admin atau yang lainnya.

Semoga bermanfaat !

Maafkan aku . . .

Sunday, August 03, 2008

Karena telat bersihiin kompie tersayang akhirnya si kompie ngambek juga. Tanpa di duga- duga si kompie tersayang tidak menjalankan kewajibannya karena hak-nya tidak di penuhi. . . Kompie-ku maafkan aku yang telat untuk merawatmu. . . . . Lain kali ga telat lagi deh, janji, sumpah deeeh. . . !

Mesti begadang sampe jam 3 pagi supaya besok pagi si kompie bisa bekerja lagi dengan semestinya. Setelah di cek and ricek ternyata RAM-nya ga detect. Bingung juga, biasanya kalau ada masalah sama RAM, ada bunyi "tiiiitt...tiiiitt..tiiiitt" (eitss. . . ngomong-nya jorok aahh. . . hi hi hi). Tapi ini ga bunyi sama sekali. . . . Apa ada kesalahan sama pendengaran saya ya?? Hi hi hi hi. . . Setelah RAM-nya di copot dan di bersihin, beeuuhhh. . . . debu-nya banyak banget. . . . !!!

Tapi, sekarang si kompie udah baikan lagi. . . . akhirnya dia ngerti kalau "yang-empunya" sangat membutuhkan dia esok pagi. Akhirnya 2 hari kemudian project-nya selesai juga dan siap untuk di presentasiin :)


Recent Post

My Blog Follower(s)

  © Blogger template Columnus by Ourblogtemplates.comModified By Panjoel 2008

Back to TOP